(Cepi Riyana) Teknologi perangkat keras yang berkembang cukup lama, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kegiatan presentasi, saat ini teknologi pada bidang rekayasa komputer menggantikan peranan alat presentasi pada masa sebelumnya. Penggunaan perangkat lunak perancang presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan oleh Microsoft inc" Corel presentation yang dikembangkan oleh Corel inc" hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan Macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut. Berbagai perangkat lunak yang memungkinkan presentasi dikemas dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Perkembangan perangkat lunak tersebut didukung oleh perkembangan sejumlah perangkat keras penunjangnya. Salah satu produk yang paling banyak memberikan pengaruh dalam penyajian bahan presentasi digital saat ini adalah perkembangan monitor, kartu video, kartu audio serta perkembangan proyektor digital (digital image projector) yang memungkinkan bahan presentasi dapat disajikan secara digital untuk bermacam-macam kepentingan dalam berbagai kondisi dan situasi, serta ukuran ruang dan berbagai karakteristik audience. Tentu saja hal ini menyebabkan perubahan besar pada trend metode presentasi saat ini.
Pengolahan bahan presentasi dengan menggunakan komputer tidak hanya untuk dipresentasikan dengan menggunakan alat presentasi digital dalam bentuk Multimedia projector (seperti LCD, In-Focus dan sejenisnya), melainkan juga dapat dipresentasikan melalui peralatan proyeksi lainnya, seperti over head projector (OHP) dan film slides projector yang sudah lebih dahulu diproduksi. Sehingga lembaga atau instansi yang belum memiliki perangkat alat presentasi digital akan tetapi telah memiliki kedua alat tersebut, dapat memanfaatkan pengolahan bahan presentasi melalui komputer secara maksimal.
Dalam sudut pandang proses pembelajaran, presentasi merupakan salah satu metode pembelajaran. Penggunaannya yang menempati frekwensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah mernberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan tetapi juga pada terori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan tuntutan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dalam berbagai aspek. Diantaranya tuntutan terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru / dosen, instruktur/widiaiswara serta para professional lainnya di dalam mengolah bahan-bahan pembelajaran/pelatihan ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.
Artikel Lengkap hub (cheppy@upi.edu)

5 Responses so far.

  1. This comment has been removed by a blog administrator.
  2. mardiati says:

    mas chepi... saya sedang menyelesaikan studi s2 pendidikan matematika, saya ingin membuat desain pembelajaran menggunakan multimedia untuk mahasiswa bagaimana caranya?

  3. Anonymous says:

    Tulisan yang bagus…..terima kasih.

    Bagi teman-teman guru yang membutuhkan bahan ajar dalam format CD Multimedia pembelajaran interaktif, saya telah membuat CD Digital School dalam format web offline yang saya kemas dalam CD. Keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi weblog saya di mazguru.wordpress.com.

    CD Digital School berisi :

    1. Flash Edu, berupa halaman pembelajaran interaktif berformat Shockwafe Flash (swf) untuk SMA yang mencakup mapel Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Bahasa Inggris dan Geografi. Semua materi pada rubrik ini saya dapatkan dari e-dukasi.net
    2. Modul, berisi halaman modul berformat html untuk mapel Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Sejarah, Geografi, Ekonomi Akuntansi, PKn dan Sosiologi.
    3. E-Book, berisi buku elektronik mengenai keagamaan, iptek, buku harun yahya dll. Halaman ini berisi sekitar 40-an e-book yang siap dibaca maupun dicetak dengan format pdf dan doc. Semua e-book dalam halaman ini legal dari sumber yang dapat dipercaya. Anda bisa download e-book di Harun Yahya.com
    4. E-UMPTN, berisi modul pembelajaran untuk mempersiapkan diri menempuh Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Halaman ini bekerjasama dengan PT Prawedia Ciptakarsa Informatika sebagai pengisi content halaman ini. Di halaman ini juga disertakan software TryOut UMPTN yang dapat mengukur seberapa jauh penguasaan materi yang telah dipelajari, ada game edukatif juga.
    5. Tutorial TI, berisi tutorial seputar komputer, web programing dan sebagainya. sangat bermanfaat bagi Guru dan Murid dalam memperdalam pengetahuan mengenai komputer.
    6. Ristek, Hasil kajian riset dan teknolgi dari Departemen Riset Teknologi dapat Anda pelajari di halaman ini. Akan lebih bermanfaat lagi bila Anda menerapkan dan mengembangkan hasil karya tersebut guna menunjang kesejahteraan Anda sendiri maupun masyarakat luas. Kajian Ristek disini seluruh filenya berformat pdf (portable digital format)
    7. Have Fun, berisi game-game untuk refreshing serta film pendidikan dari Harun Yahya. Sangat bermanfaat untuk merelaksasi otak yang tegang setelah membuka halaman-halaman pembelajaran yang serius.
    8. Software, berisi kumpulan software pendidikan, keagamaan dan yang lainnya.

    CD Digital School ini telah saya buat sejak tahun 2006 dan telah menyebar ke beberapa kota, seperti Pekalongan, Batang, Semarang, Jepara, Purwodadi dll. CD ini sangat bermanfaat bagi para siswa terutama untuk tingkat SMU dan para guru dalam membantu presentasi pembelajaran di kelas.
    CD Digital School ini saya bagikan secara cuma-cuma kepada para siswa maupun guru. Bagi Anda yang berminat bisa menghubungi saya lewat e-mail saya di mazguru@gmail.com. CD akan saya kirimkan melalui pos sesuai alamat Anda dengan biaya kirim ditanggung oleh Anda.

    Insya Allah dalam waktu dekat akan saya rilis CD Digital School versi DVD. Doakan semoga cepat selesai penggarapannya.

    Wassalam

  4. Nafiatun says:

    Thanks, artikelnya sangat bermanfaat, dan salam kenal

  5. Nafiatun says:

    Terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat, dan salam kenal .. sekali2 kungjungi blog saya ya..

Leave a Reply